Pelaksanaan Audit Tindak Lanjut III Tahun 2020

Untuk menindaklanjuti hasil temuan Audit Mutu Internal (AMI) XVI tahun 2019, LPM melaksanakan Audit Tindak Lanjut (ATL). Kegiatan ATL tahun 2020 ini merupakan ATL ke-3 yang dilaksanakan oleh pengelola LPM periode kepengurusan ini.

ATL dimaksudkan sebagai bagian dari usaha untuk monitoring dan evaluasi atas kinerja Fakultas dan unit/lembaga. Dengan adanya ATL, diharapkan ada upaya sungguh-sungguh dari pimpinan Universitas, Fakultas dan pengelola unit/lembaga untuk memperbaiki kekurangan kekurangan dalam manajemen organisasi/lembaga serta upaya peningkatannya. Selain itu, perlu adanya kontinuitas dalam kebijakan pengembangan lembaga juga menjadi pertimbangan diselenggarakannya ATL.

ATL ke -3 kali ini dijadwalkan berlangsung mulai hari Senin sampai dengan Jumat, tanggal 10-14 Februari 2020. Auditor internal yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 43 orang yang berasal dari seluruh Fakultas dan unit kerja yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam pelaksanaannya, audit di satu Fakultas atau unit/lembaga dilaksanakan oleh tim audit yang diketuai oleh seorang lead auditor. Lead auditor sebelum melaksanakan audit terlebih dahulu berkoordinasi dengan auditee (Rektor/Kepala Biro/Dekan/DirekturPascasarjana/KetuaLembaga) untuk menentukan hari dan jam pelaksanaan. Hal ini diperlukan untuk menjamin terlaksananya kegiatan audit secara efektif, efisien dan optimal.

Selesai melaksanakan ATL, tim auditor membuat laporan hasil audit yang kemudian diserahkanke LPM. Laporan hasil ATL dari seluruh tim auditor kemudian dikompilasi dan dianalisa oleh Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu (APM), Muchammad Abrori, S.Si.,M.Kom. Setelah dilakukan verifikasi dan klarifikasi, dibuat laporan secara menyeluruh atas pelaksanaan ATL ke-3 tahun 2020 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Laporan kemudian disampaikan ke Rektorat, Biro, Fakultas, Pascasarjana,dan unit kerja untuk menjadi pedoman pelaksanaan tata kelola lembaga.

Berita Terkait