Koordinasi Auditor Mutu Internal Semester Genap 2022/2023

Jum’at, 23 Juni 2023, bertempat di ruang rapat PAU lantai 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, LPM melakukan kooridnasi Audit Mutu Internal semester genap 2022/2023.

Kegiatan ini di buka oleh Denisa Apriliawati, S.Psi, M. Res. Selanjutnya penyampaian sambutan oleh ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Muhammad Fakhri Husein. Dalam Sambutan tersebut disampaikan bahwa semestinya proses audit harus berbasis keilmuan prodi. Selain itu pada audit semester ini beralih ke IKU IKUT. Auditor menemukan ruang perbaikan yang harus ditindaklanjuti oleh auditee.Disamping itu kebijakan, strategi pencapaian kebijakan ada pelaporan evaluasi diri, dilanjutkan evaluasi capaian kinerja yang berisi peran audit, selanjutnya IKU IKT yang sudah tercapai dan yang belum. Dr. Muhammad Fakhri Husein juga menjelaskan bahwa tahun depan adalah siklus reviu kurikulum, yang mana prinsip auditor mutu bukan untuk mencari kesalahan melainkan menemukan ruang perbaikan.

Bu Denisa menyampaikan bahwa proses AMI semester ini terdapat beberapa perubahan yang membuat kita harus menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut.

Dalam sesi koordinasi, Bu Denisa menyampaikan beberapa poin diantaranya:

  • AMI semester genap TA 2022/2023 berbasis standar mutu – memiliki standar mutu baru yang telah disusun berdasar kriteria BAN-PT, …, LAM, akreditasi internasional. Implikasi -> adanya tambahan mengenai point-point yang harus diaudit
  • Proses audit akan dilakukan melalui web mutu.uin-suka.ac.id menggunakan akun lite
  • Standar mutu yang akan digunakan sebagai tolak ukur proses audit -> diturunkan menjadi instrument audit berupa matriks audit
  • Instrument sudah diisi oleh auditee selama 10 hari ke belakang -> tugas auditor memeriksa
  • Pembagian tugas menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mengaudit 2-3 prodi/unit.
  • Objek audit semester ini adalah penelitian dan pkm -> lppm (unit penelitian dan unit pengabdian masyarakat)
  • Total prodi di UIN = 65 -> 41 prodi S1; 18 prodi S2; 6 prodi S3; 1 prodi PPG; 2 unit lppm. Total 67 subjek yang harus diaudit
  • Proses rekruitmen menghasilkan 75 auditor yang mendaftar
  • Ada 29 standar mutu, dibagi 2-> semester gasal untuk standar pendidikan dan tambahan; semester genap untuk standar penelitian (8) dan standar pengabdian kepada masyarakat (8).
  • Menyusun instrument audit berdasar standar mutu yang telah disusun oleh tim standar mutu yang dipimpin oleh Bu Epha. Menyusun matriks berdasarkan analisis PLOR (Problem, Location, Objective, Reference) – CNC - sejelas mungkin dan seoperasional mungkin, supaya dalam mengaudit ada tolak ukur yang jelas
  • Matriks sudah diintergariskan dengan sistem mutu
  • PkM ada 41 pernyataan standar / objek yang diaudit, pengabdian ada 80an = sekitar 120 pernyataan standar yang harus diaudit
  • Subjek audit sudah diidentifikasi
  • Ada point-point yang secara spesifik ditujukan kepada lppm (subjek audit: lppm)
  • Akses auditor akan dibuka hari Senin menggunakan akun lite
  • Pembagian tugas audit AMI akan di share
  • Mengelompokkan prodi di masing-masing fakultas maksimal 3 minimal 2, 1 auditor mengaudit 1 prodi, 1 auditor akan berperan sebagai lite yang memiliki akses ke dashbor mutu, 2 lainnya sebagai anggota untuk membantu kerja lite
  • Auditor dan prodinya lintas fakultas (supaya objektif)

Selanjutnya Muhammad Didik Rohmat Wahyudi, ST, MT melanjutkan dengan menyampaikan beberapa poin:

  • Sudah ada panduan singkat mengenai pengisian AMI dari sisi auditor; perbedaan dengan periode lalu adalah di versi akreditasi dan …
  • Penjelasan cara pengisian

Kembali ke Bu Denisa

  • Tugas bapak ibu auditor adalah untuk memverivikasi isian dari auditee. Misal auditee melakukan klaim sesuai -> auditor memeriksa apakah klaim sesuai itu sudah sesuai atau belum, juga meminta auditee melampirkan bukti dokumen yang mendukung klaim mereka (apakah dokumennya mendukung pernyataan auditee)
  • Temuan bukan aib/kesalahan -> bagaimana kemudian kita menindaklanjuti temuan itu

Setelah itu koordinasi ditutup oleh Bu Denisa Apriliawati, S.Psi, M. Res.