Kunjungan BPM Universitas Janabadra Yogyakarta

Selasa, 12 April 2022, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga mendapatkan kunjungan dari LPM Universitas Janabadra. Hadir dalam kunjungan ini, Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Janabadra Dr. Emi Ummi Hasanah, S.E., M.Si; Kepala Pusat Standar Mutu Eksternal Dr. Francisca Romana Harjiyatni, S.H., M.Hum; dan Kepala Pusat Standar Mutu Internal Teguh Widodo, S.T., M.T.

Dr. Erni Ummi Hasanah., S.E.,M.Si menyampaikan tujuan kunjungannya untuk berdiskusi terkait pengelolaan Lembaga Penjaminan Mutu dan penerapan SPMI SPME di UIN Sunan Kalijaga sehingga mencapai APT Unggul dengan persentase akreditasi A dan atau Unggul prodi lebih dari 85%.

Terkait hal tersebut, Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si menyampaikan materi Interkoneksi antara SPMI dan SPME serta sinergi ISO 9001:2015 dan SNPT UIN Sunan Kalijaga.

Selanjutnya Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Dr. Irsyadunnas, M.Ag menyampaikan proses perencanaan audit mutu dan pelaksanaan audit yang telah menggunakan aplikasi.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Mutu Akademik, Dr. Epha Diana Supandi, M.Sc selanjutnya menyampaikan proses persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan monitoring, evaluasi, dan survey kepuasan pengguna di UIN Sunan Kalijaga.

Kepala Pusat Akreditasi dan Sertifikasi, Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si menyampaikan proses pendampingan dan skema akreaditasi prodi yang dilaksanakan oleh LPM. Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si juga menjelaskan tentang tahapan pendampingan akreditasi diantaranya sinkronisasi data PD Dikti, ISK, Pepa, dan LAM, serta persiapan Pepa APT 2023.

M. Didik R. Wahyudi, S.T., M.T, Kepala Pusat Analisis Informasi, Publikasi Internasional, dan Pemeringkatan, pada kesempatan ini menunjukkan digitalisasi SPMI meliputi bagaimana AMI, monev, dan survei menggunakan sistem informasi. Selain itu, LPM juga mengembangkan dashboard mutu yang diantaranya berisi sistem isi tabel LKPS.

Terakhir, Nuristighfari Masri Khaerani, M.Psi., Psikolog, sekretaris LPM menyampaikan pengelolaan kegiatan sistem PDCA. Selain itu juga disampaikan pengelolaan SDM LPM meliputi 52 Asesor BAN-PT dan 8 Asesor Lamdik, 113 Auditor Mutu Internal, 77 Pengendali Sistem Mutu (Unit, Fakultas, dan Prodi).